Minggu, 10 Maret 2013

ATJEH LON SAYANG

Atjeh Lon Sayang

Film pendek yang dibuat Matahati Production yang berpusat di Aceh yang menvceritakan rangkaian peristiwa dan kejadian yang terjadi dari informasi yang dilakukan dengan cara mewawancarai orang yang ikut mengalami kejadian Tsunami 2004 dan mungkin menjadi korban yang selamat. Berdurasi 24menit dan berbahasa indonesia dan bahasa khas aceh "acehnese", nakun diterjemahkan dalam bahasa inggris. Produksi film pada tahun 2006.Yang di produseri oleh R.Syaiful Halim. 





Ada beberapa orang yang menjadi sosok wawancara contohnya gan=mbar diatas iyalah Munawar adalah salah satu anak yang menjadi korban tsunami 26 desember 2004. Sebelum Munawar ada masyarakat yang bernama Tengku Reza Indira (seniman muda) film ini diambil dari penafsiran tentang musibah yang terjadi di Aceh. Aceh dari dahulu sudah dikenal dengan berbagai macam peristiwa seperti perang-perang suku, konflik gerakan aceh merdeka, dan tentu saja musibah paling besar yaitu tsunami. "Meskipun warga Aceh terus ditimpa kemalangan dan musibah terus menerus, tapi mereka terus diberi ketabahan dan kekuatan. Inilah hebatnya orang Aceh" papar Tengku Reza Indira.


Munawar adalah anak yang berusia 12 tahun yang tinggal dayah (pesantren) yang dimana dia berada disana lantaran kedua orang tuanya meninggal pada saat tsunami. Munawar menceritakan kronologi tentang bencana tersebut dan bagaimana orang tua nya bisa terseret dan menjadi korban meninggal atas musibah tersebut. Selain mewawancarai bebrapa orang film ini men dapatkan kesembatan video yang berkisah tentang kejaidan tsunami yang belum dibeli atau dijual kepada stasiun televisi. Video yang tidak berdurasi panjang namun sangat jelas bisa dilihat gambaran kejadian 

Dilampirkan juga kronologi kehidupan mereka yang beragam, antar satu dengan yang lain menjalani kehidupannya masing-masing dan diambil oleh tim yang memang ingin mengambil aktivitas mereka setelah kejadian Tsunami tersebut. 

Film pendek ini menginspirasikan saya betapa sabar dan tetap bersyukur apa yang telah terjadi, bencana dan musibah yang besar sekalipun dapat menjadi pengalaman yang berharga dan bersyukur kita yang masih diberi kehidupan yang layak berterima kasih oada Tuhan Yang Maha Esa. jadi tahu bagaimana orang bisa bersyukur dengan apapun keadaan dia sekarang. 





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar